MENDAKI GUNUNG PAPANDAYAN

Kemarin gw baru berangkat ke papandayan untuk menikmati malam tahun baru disana,gunung ini memang unik dengan pemandangan yang sangat indah,di gunung ini banyak sekali pendaki melakukan kegiatan ,meskipun sebagian besar hanya menikmati dan santai2 di pos pondok selada atau di tegal alun bersama anak dan keluarga dan tidak menuju puncak, disamping itu banyak juga motor cross yang lewat dan juga biker yang ingin menikmati keindahan gunung ini ,gw juga ga habis pikir tuh motor bisa sampai ke atas sampai jemping2 motornya,hahahaha…untuk yang ingin melihat track dan ongkos bisa membaca ini selengkap nya .

sabtu 29 desember 2012 .

oke mari kita mulai cerita ini,gw janjian di lebak bulus ber 3 bersama kawan kantor dan pacar (mereka ber 2 baru pertama kali naik gunung) ,sekitar jam 07.10 sudah kumpul dan langsung naik mobil prima jasa dengan ongkos 35 ribu menuju terminal guntur di garut ,sampai di garut sekitar jam 14.20 ,lalu lanjut naik angkot mobil putih cold untuk menuju perapatan cisurupan dengan ongkos 25 per orang (catatan ongkos normal hanya 5 ribu ,musim pendakian biasa 10ribu tapi karena gw carter jadi 25 ribu angkot langsung jalan tanpa ngetem supaya ga kesorean dicisurupan mencari mobil menuju camp david pos lapor gunung papandayan,tapi pas pulang bayar 10 ribu) ,sampai cisurupan sekitar jam 15.35   lalu di serbu tukang ojek yang menawarkan jasa sampai camp david sebesar 25 ribu ,itu harga normal kalau malam ojek bisa sampai 40 – 50 ribu ,tapi gw putuskan untuk naik mobil bak terbuka aja dah dengan ongkos 10 ribu per orang dari cisurupan sampai camp david ,bak terbuka dapat membawa orang maksimal 15-16 orang ,

sambil menunggu kawan lain kita makan dulu mie ayam di simpang cisurupan ,pas bayar gw tanya berapa kang?kata dia 4 ribu…waaaaaaaaaah masish ada mie ayam harga 4 ribu disana pakai bakso lagi,langsung di bantai ke dalem perut deh biar lebih hangat perut,setelah makan datang rombongan dari cirebon.nah ini dia yang di tunggu setelah tawar menawar akhirnya sepakat sewa mobil bak sebesar 100 ribu dengan banyak 11 orang ,berang2 bawa kawat langsung berangkat .sampai di caamp david sekitar jam 16.45 .

camp david

camp david with adit 16.45

anak cirebon langsung nanjak tapi kita mah santai aja dulu,tadinya mau nginep di warung eh ternyata satpam bernama pak yusuf memberikan tumpangan di sebrang pos lapor,waaaah lumayan dah..akhirnya ga jadi tidur di warung,malem masak sendiri aja pakai menu ayam bakar,orek teri pedas,sambel dengan penutup pisang goreng.lagian kalau beli di warung harganya benar2 gila (saran untuk beli air di bawah,kalau bisa jangan belanja di camp david aqua besar bisa 10 ribu) .oke perut kenyang langsung gelar matras siap molor,besok pagi sudah harus mulai nanjak.zzzzzz……….

menu makan di camp david

menu makan di camp david , ayam bakar ,orek teri ,sambal ,pisang goreng

detail ongkos berangkat dari lebak bulus :

  • terminal lebak bulus – terminal guntur garut  : 35 ribu  (bus primajasa)
  • terminal guntur – pertigaan cisurupan : 25 ribu << harga carter cepat , normal : 5 ribu ,musim nanjak : 10 ribu (angkot putih kaya mobil cold)
  • pertigaan cisurupan – camp david : 10 ribu per orang ,kalau malam carter 120 – 150 ribu (mobil bak terbuka)
  • ojek normal 20-25 ribu siang ,malam hari bisa dobel harganya.

minggu 30 desember 2012.

bangun pagi sarapan jam 07.20 langsung meluncur menuju camp pondok selada,katanya sih 2 jam sampai ,cuaca pagi ini sangat cerah setelah semalam di bantai hujan dan dingin ,sadiiiiisssssss dingin nya bos….hahaha,ga lupa foto dulu di pos lapor camp david sebelum jalan.

siap jalan ke pondok selada 07.20

siap jalan ke pondok selada 07.20

perjalanan di mulai dengan campuran panas dingin,udara dingin tapi matahari panas,tapi hasilnya dasyat !pemandangan top abis,pegunungan di garut terlihat cantik,padahal baru jalan sekitar 20 menit ,karena pemandangan ajib jadi jalan tersendat foto2 terus,hahahaha…di tambah pemandangan cantik kawah jadi rasanya tuh mau foto melulu .WOI SADAR JALAN MASIH PANJANG….!sadar langsung jalan lagi deh pelan2,tau nih target 2 jam jadi molor lama kayanya sampai di pos selanjutnya pondok selada.

cantiknya pemandangan pegunungan di garut

cantiknya pemandangan pegunungan di garut

kawah papandayan yang bagus

kawah papandayan yang bagus

kawah papandayan

kawah papandayan

sebenarnya sih sedikit beruntung karena sebelum gw ke sini di daerah garut selalu dingin dan di guyur hujan,akhirnya gw yang merasakan panas dan pemandangan yang keren,terima kasih kepada Tuhan atas ciptaan nya yang sangat dasyat dan hebat,jadi perjalanan kali ini sangat berkesan dengan suguhan pemandangan tob dan memang ternyata papandayan yang tingginya sekitar 2700 Mdpl juga punya pemandangan kas yang sangat bagus.lanjut jalan lah..nanti nih cerita ga kelar2 dah..!

setelah jalan ngalor ngidul pada titik ini jalan mentok,ternyata ada jalur yang longsor,terpaksa kita turun memutar,disini kita akan melewati kali lalu naik lagi ke atas untuk ke jalur mobil,setelah sampai di atas (jalur mobil) dan berjalan sebentar maka akan belok kiri dengan dinding putih,nah disini di sebut pos lawang angin ,dari sini untuk ke pondok selada ambil track kecil ke kiri ,jangan ke kanan yah !! ambil kiri ingat .lalu  akhirnya sampai juga di pos pondok selada jam 10.50,wiiiiiih ternyata lebih dari 2 jam kebanyakan foto2 sih,wahahahahaha…gpp yang penting enjoy aja yah,sampai  di pondok selada ternyata pemandangan juga kerean banget.disini sudah banyak anak bekasi buat acara,namanya camsaupay sekitar 60 personil belum yang lain,menurut perkiraan gw yah sekitar 80-90 orang buat tenda disini

pondok selada pos sudah ramai,pemandangan tob

pondok selada pos sudah ramai,pemandangan tob

pondok selada

pondok selada pos

view track ke tegal alun

view track ke tegal alun

dari pos pondok selada ini kita bisa melihat ada 2 jalur track yang lumayan tajam,dan ada banyak orang juga yang melewati jalur sebelah kanan,kalau dari bawah terlihat lumayan ganas,tapi sebenarnya ada 1 lagi track melewati hutan mati,track ini tidak terlalu curam dengan pemandangan sangat cantik,jadi besok subuh sudah gw putuskan untuk melewati jalur ini.

31 desember 2012

bangun jam 04.00 subuh ,masak daging ham untuk roti isi di tambah keju dan sambal untuk di puncak ,tepat jam 5 mulai jalan bersama kawan kantor ,sesuai dengan keinginan kemarin gw akan ambil jalur melewati hutan mati bukan lewat jalur track curam.dari mata air gw lewati dan melipir ke kiri untuk menuju hutan mati ,hanya sekitar 20 menit dari pondok selada kita bisa mencapai hutan mati .pemandangan disini memang bagus da didaerah sini banyak pohon yang kering mati bekas letusan dasyat tahun 2002 ,sangking cepatnya berjalanan maka point plot untuk melihat sunrise terlewat,jadi gagal lihat sunrise deh,gpp yang penting muncak

hutan mati pagi hari

hutan mati pagi hari

lanjut terus jalan dan sampai di tegal alun jam 05.40 ,ternyata cuma 40 menit ke tegal alun dari pondok selada dengan membawa daypack isi cemilan ,pemandangan tegal alun benar2 mantab!!mirip kaya di surken tapi ini lebih luas,semua sisi di penuhi pohon edelweis ,bisa di bilang ini rumah edelweis yang cantik ,disamping itu dingin nya juga menusuk..gpp yang penting pemandangan top dan saiiik……..

edelweis tegal alun

edelweis tegal alun

tegal alun yang luas

tegal alun yang luas

di tegal alun ini untuk menuju puncak kita harus mencari mata air dulu,karena sangat luat jadi memang agak repot untuk menemukan mata airnya,gw sendiri butuh sekitar 30 menit keliling untuk mencari nya,setelah sampai di tegal alun jangan ambil melipir ke kanan,jalan lurus untuk melewati tumpukan edelweis ,setelah berjalan agak panjang maka akan menemui turunan yang ternyata  tempat mata air tersebut (ingat yah jangan ambil kanan tapi ambil lurus)

mata air tegal alun

mata air tegal alun

haru melewati mata air ini bila ingin ke puncak tertinggi papandayan,air disini sangat jernih dan enak rasanya ,jadi buat mas brow jangan takut air habis kalau ke papandayan,air disana berlimpah ,back to cerita “setelah melewati mata air ini kita akan berjalan melipir ke kiri terus ,sepanjang perjalanan jurang akan berada di sebelah kiri kita dan sebelah kanan kita sesekali akan terlihat garis pantai dan laut .dari mata air ini masih berjalan kurang dari 1 jam tergantung kecepatan jalan kita sendiri.pemandangan menuju puncak sangat indah  kita bisa melihat kawah ,pos tegal alun dan pos pondok selada di sebelah kiri kita.

track setelah melewati mata air

track setelah melewati mata air

pemandangan menuju puncak tegal alun dan pondok selada

pemandangan menuju puncak tegal alun dan pondok selada

setelah berjalan kurang dari 1 jam akhirnya kita berada di puncak papandayan,tapi agak mengherankan yaitu ada juga tempat yang sepertinya tertinggi,didaerah ini ada bekas orang nabun api unggun dan semua tertutup rapat..??tapi tak apalah yang penting juga sudah di lewati.oke kita ikuti aja seperti kata orang katanya puncak itu ada longsoran dan danau mati berada tepat di bawah dan akhirnya jam 08.15 kita berada di puncak untuk menikmati alam dan cemilah…temen ane KO nih kecapean..hahahaha,harap maklum yah baru pertama.

puncak papandayan

puncak papandayan ,pos pondok selada di belakang gw nih.

pemandangan puncak papandayan

pemandangan puncak papandayan

wah manteb banget sudah lega rasanya setelah menginjakan kaki di puncak ,HOREEEEEE……………!!setelah istirahat dan ber narziz ria kita mulai turun jam 09.00 tepat untuk turun kembali menuju pondok selada,ayooo turun dengan semangat ,beberapa kali bertemu orang2 yang ingin naik ke puncak tapi tidak ramai,memang banyak orang kesini untuk nyantai di pos pondok selada atau di tegal alun,tidak banyak orang mengincar puncak gunung ini.jalur ke puncak jelas ,jadi jangan takut tersasar,malah yang ribet di jalur tegal alun menuju mata air,akhirnya kita sampai kembali di pondok selada pada pukul 10.20 ,langsung masak untuk makan siang.akhirnya tugas selesai.thanks God atas perjalanan yang indah.

detail perjalanan dari camp david menuju puncak

  • camp david – pondok selada : kurang lebih 2 jam ,tergantung speed jalan masing2
  • pondoik selada – tegal alun : 45 menit ,tergantung speed jalan masing2
  • tegal alun – puncak : 1 jam ,tergantung speed jalan masing2
  • puncak – pondok selada : 1 jam ,tergantung speed jalan masing2

waduh setelah makan siang ini hujan terus sampai pas jam 12 tengah malam pergantian tahun,untungnya 5 menit sebelum jam 15 tepat hujan berhenti,langsung rame dah tuh pos pada keluar main petasan,wah pemandangan yang bagus pergantian tahun di pos pondok selada,cuaca dingin tidak bisa mengalahkan kegembiraan kita para pendaki yang menikmati pergantian malam tahun baru di atas.esok paginya tanggal 1 january 2013 kita langsung turun untuk kembali ke rumah masing2 ,karena tanggal 2 january sudah mulai masuk kerja,betul2 perjalanan yang menyenangkan dan seru,terima kasih atas penyertaan mu yah tuhan selama ini .gunung ini adalah gunung ke 23 yang pernah gw daki sampai di puncaknya ,semoga tahun 2013 ini kita bisa menjadi manusia yang lebih baik dan berguna . amin…

1 january 2013

bagun jam 06.00 siap2 turun ,masak dan packing2 ,tepat jam 09.00 kita turun kebawah camp david,sampai camp david sudah ada mobil bak terbuka ,bayar 10 ribu langsung naik untuk turun ke pertigaan cisurupan ,makan mie ayam dulu langsung lanjut ke terminal guntur garut ,mandi dulu di terminal langsung naik bus primajasa ke lebak bulus ,sampai lebak bulus jam 21.00 ,langsung bantai lagi taxi sampai rumah karena sudah malam,perjalanan yang sangat menyenangkan!

untuk melihat foto2 pendakian bisa klik sini

semoga cerita ini dapat membantu kawan yang ingin pergi kesana suatu saat nanti.