MENDAKI GUNUNG DEMPO

libur lebaran kemarin gw jalan ke gunung dempo, lumayan dapet cuti jadi bisa jalan kesana, nih gunung sebenernya sudah target dari lama cum baru kesampaian sekarang ini, oke gw mau berbagi pengalaman untuk yang mau nanjak ke gunung dempo , ini catatan perjalanan di tanggal 19 juli 2015 –  25 juli 2015, untuk baca selengkapnya bisa klik more..okeh mari kita mulai cerita perjalanan ini,

kita berangkat di tanggal 19 juli 2015, perjalanan kesana gw putuskan untuk naik bus sinar dempo dari kalideres (ada juga dari kampung rambutan, tanggerang)  gw pilih sinar dempo ini karena nih bus langsung menuju sasaran yaitu pagaralam dalam pendakian gunung dempo kita harus ke pagaralam dahulu untuk mencapai start awal pos pendakian kaki gunung dempo, kalau naik pesawat bisa ke palembang dulu, lalu lanjut jalur darat selama 6-7 jam dari palembang sampai pagaralam, jauh juga kan..

gw berangkat dari kalideres pada jam 12 siang dan sampai pagaralam jam 11 siang, hampir 24 jam perjalanan bikin pantat panas, untung perginya jadi perjalanan hampir 24 jam ga masalah hahaha. rekomen naik sinar dempo eksekutif yah mas bro, berhubung gw berangkat pas musim lebaran jadi dapat yang bisnis dengan harga 390.000, harusnya sih ga sampe 200.000 kata penumpang sebelah kalau di hari normal. yah nasib di terima aja deh namanya mau jalan2 pas libur lebaran.

asik juga perjalanan lewat merak lewat laut pemandangan asoi juga sih, ini pertama kali naik bus jalur sumatra, setelah perjalanan sangat panjang dengan rute jalanan sumatra yang berliku dan sempit bikin dag dig dug akhirnya sampai juga di pagar alam sekitar jam 11 siang, pemberentian sinar dempo ini tepat di dekat pasar pagar alam, jadi kita bisa belanja dulu disini buat keperluan pendakian, dari pasar ini gw langsung naik ojek ke posisi awal pendakian.

untuk mendaki gunung dempo ini ada 2 jalur yang resmi yaitu lewat kampuNG 4 atau lewat tugu rimau, tadinya gw mau nanjak lewat kampung 4, eh ternyata di antar tukang ojek malah ke tugu rimau, setelah pulang gw baru ngerti alau tukang ojek itu malas antar ke kampung 4 karena jalanan disana rusak parah! sampai di tugu rimau sekitar jam 14.00 dengan bayaran 50rb sudah ramai orang, ternyata ditugu rimau ini adalah tempat pariwisata dengan posisi sunrise yang sangat cantik. minusnya disini belum ada lampu jadi kalau matahari tenggelam habis sudah lampu cahaya disini, di tugu rimau bertemu dengan kawan yang sangat baik bernama bemby dia kasih kita pos buat istirahat. bisa hubungin bemby untuk kondisi gunung dempo di nomor HP 081279221116 via tugu rimau, catatan : pak anton sudah tua dan sakit tidak bisa menjamu kita dengan baik.

perjalanan pagaralam ke tugu rimau

tugu rimau view puncak dempo

kata orang sana lewat tugu rimau mendaki dempo lebih cepat karena tracknya tidak sepanjang lewat kampung 4 tapi semua tanjakan, wahahaha…ya sudah terima nasib istirahat dulu besok pagi mulai nanjak. dingin nya jangan di lawan nikmati aja cuma saran biar tidur jadi nyenyak wakakakak, jam setengah 6 gw lihat cahaya orange dari jendela pintu, baru gw sadar ternyata itu cahaya sunrise, langsung buru2 bangun ternyata benar tugu rimau ini sunrise nya luar biasa cantik, orang banyak subuh kesana hanya untuk lihat sunrise di tugu rimau, pemandangan matahari dengan cahaya orange dengan bumbu kota pagaralam dan perkebunan teh yang sangat luas menjadikan pagi yang sangat indah.

mejeng dulu di tugu rimau

sunrise tugu rimau

selesai menikmati sunrise gw siap2 untuk menanjak, di mulai dari jam setengah 10 di mulai pendakian, ternyata benar kata orang di tugu rimau, jalur lewat sini semua full tanjakan, ini tanjakan edan semua tanpa ada bonus, apalagi tambah ke atas sudah pasti tanjakan nya tambah edan, untung musim panas ga ada hujan jadi perjalanan lebih enak ,

tugu rimau

start tugu rimau

track di dominasi oleh tanah dan akar dengan tanjakan hebat dan tidak ada air sampai di pos 2, setelah jalan babak belur full tanjakan akhirnya sampai juga di pos 2 jam 5 sore! wahahaha edan kan. di pos 2 ini ada air , untuk mengambil air harus turun sekitar 30 meter ke arah kiri, air disini juga hanya tetesan bukan air yang melimpah, jadi sabar kalau mau isi air disini. setelah makan mie dan isi air lalu gw lanjut perjalanan.

top dempo

ternyata selepas pos 2 menuju top dempo tanjakan semakin gila dan terjal, tau tanjakan rantai di gunung gede? nah kita akan melewati jalur seperti itu dengan tali sekitar 3-4 kali! perjalanan pos 2 ke top dempo emang bener edan tidak ada bonus dengan tanjakan terjal, pantes banyak orang gerah naik dempo lewat sini, setelah jalan sekitar 3 jam tanjakan tanpa ampun akhirnya di depan tanjakan habis lalu perjalanan landai ke kiri sekitar 10 menit dan akhirnya gw sampai di top dempo jam 8 malam. badan rasanya remuk, kaki pencot dan banyak penyakit lain timbul wahaha. dari top dempo ini ke pelataran turun sekitar 10 menit dan akhirnya gw sampai di pelataran jam setengah 9 malam di antar kawan dari lahat! horeeeee sampai juga akhirnya di pelataran!!langsung buka tenda masak dan istirahat, benar2 perjalanan edan dari turgu rimau ke pelataran sekitar 11 jam ga pake ampun! kalo orang sana bilang sih hanya 6-7 jam dr tugu rimau sampe pelataran, dalem hati gw masa sih, tapi sedikit catatan perjalanan ini ada cewe jadi agak lama sedikit barangkali wahahaha.

jalur mata air

telaga putri

lebih baik dipelataran buka tenda 2 malam supaya ada istirahat dan ga terburu buru menikmati kecantikan pelataran, setelah bangun  pagi baru gw bisa liat ke indahan tugu rimau ini, ketika menghadap top dempo di belakang gw ada bukit top merapi yan lebih tinggi dari top dempo, air disini banyak meskipun musim panas dengan nama telaga putri. dari pelataran ke top merapi hanya 30 menit perjalanan nanjak, lebih baik rekomen berangkat subuh supaya dapat sunrise di atas dengan pemandangan dasyat.

sunset pelataran

sunset di pelataran

sampai di puncak top merapi pemandangan disini uedan, sangat indah dengan fariasi pemandangan bukit barisan dan banyak juga puncak gunung terlihat di wilayah sumatra, belum lagi kawan yang air warna nya bisa berubah rubah, yang biasa perubahan air kawah putih, hijau atau biru tergantung dari bulan kita mendaki, waktu itu sih gw airnya agak hijau. pemandangan jadi tambah mantab! pelataran dari sini terlihat kecil dengan top dempo di sebrang

top merapi

sunrise dempo

setelah puas foto sekitar jam 8 gw turun menuju pelataran untuk packing lalu turun, sampai pelataran packing  sambil sarapan. setelah setelah semua sekitar jam setengah 12 siang di mulai perjalanan turun, dr pelataran ke top dempo nanjak sekitar 20 menit setelah itu sisanya turunan babak belur, pas di top dempo sekitar jam 12 siang disini kita bicara dengan rombongan dari lahat, mereka ngajak untuk turun lewat kampung 4, katanya lewat situ jalanan nya landai tapi panjang, akhirnya gw putuskan untuk pulang lewat kampung 4.

bersama rombongan mes bro dari lahat

ternyata memang benar yang rombongan lahat bilang kalau track lewat kampung 4 ini panjang, setelah jalan melewati turunan curam sepanjang jalan, melewati track dinding lemari yang terkenal dan melewati banyak sekali pohon tumbang akhirnya gw sampai di kebun teh kampung 4 di jam 8 malam melewati pintu rimba, edan..turun aja 8 jam babak belur mas bro! tulang di badan rasanya semua bengkok plus dengkul melocot wahhaha. dari kebuin teh ini sampai di kampung 4 jalan sekitar 30 menit. sebenarnya di kebun teh ini gw sempat bingung arah karena sudah malam mana air habis pula, akhirnya gw tlp mas bro bemby untuk jemput, setelah menunggu 50 menit di kebun teh akhirnya bemby muncul, horeeey…akhirnya kita di jemput di kebun teh dan pulang melewati kampung 4 langsung menuju pagaralam untuk menginap di rumah mas bro bemby. jalanan di kampng 4 ini rusak parah dan listrik hanya ada sampai jam 11 malam, tapi denger gosip di bulan agustus ini katanya listrik mau di buat permanen disana. listrik yang ada hanya di kampung 2 masih di bawah kampung 4.

setelah sampai di pagaralam gw nginap di rumah mas bro bemby lalu ke esokan hari nya meluncur ke palembang menggunakan travel dengan harga 150.000, harga normal 130.000 karena pas libur lebaran jaDi naik 20 ribu, sampai di palembang nginap lagi semalam baru ke esokan harinya balik ke jakarta naik pesawat citilink menuju bandara halim dengan harga sekitar 500.000, perjalanan hanya 45 menit, di bandingkan naik sinar dempo selama 23 jam jakarta-pagaralam. akhirnya sampai juga di rumah jam 10 malam, semoga cerita ini bisa membantu mas bro yang ingin ke dempo di tahun 2015 ini

untuk melihat foto perjalanan klik sini