MENDAKI GUNUNG PUNTANG

mumpung tanggal 17 agustus hari senin maka gw bersama kawan dari bekasi merencanakan untuk mendaki gunung puntang yang berlokasi di bandung, tapi ternyata gunung ini dari bandung kota masih 2 jam perjalanan dan dekat dengan gunung cikuray di garut setelah gw cek di google map, akhirnya kita putuskan untuk melakukan perjalanan ke puntang dengan puncak meganya pada tanggal 14-16 agustus 2015, disini gw mau berbagi sedikit pengalaman ke gunung puntang.awalnya mau kesana menggunakan bus primajasa dan angkot, tapi ternyata pas hari mau mulai perjalanan kawan ngajak naik mobil pribadinya nya , ga usah pake lama mikir kita semua langsung setuju untuk berangkat naik mobil pribadi, kita start dari bekasi langsung menuju bandung, untuk menuju gunung puntang ini di daerah bandung keluar di tol Moh Toha lalu belok kanan lurus ke arah daerah banjaran, setelah melewati pasar lalu belok kiri menuju daerah cimaung. dan setelah bertemu dengan tugu cimaung belok kiri lagi menuju pos lapor gunung puntang kira2 sejauh 8KM perjalanan dari tugu cimaung ke tempat wisata gunung puntang. akhirnya sampai di pos wisata gunung puntang jam 5 subuh setelah 5 jam perjalanan dari bekasi berangkat jam 12 malam.

pos wisata gunung puntang

pos wisata gunung puntang

tempat wisata gunung puntang

tempat wisata gunung puntang ke puncak bukan lewat sini yah!

pos perhutani gunung puntang

pos perhutani gunung puntang

ternyata gunung puntang ini sudah terkenal dari dulu, daerah ini adalah tempat komunikasi belanda pada jaman dahulu, disini banyak di temukan bekas bangunan belanda jaman dahulu. setelah masuk tempat wisata gunung puntang kita istirahat di warung sambil makan nasgor. habis makan kita tidur duu sampai jam 10 pagi, lalu beres2 siap2 untuk jalan menuju puncak mega gunung puntang, untuk informasi jika melakukan pendakian gunung puntang ini lebih baik lewat pintu masuk sebelum pos PGPI sekitar 20 meter sebelah kiri kalau dari arah bawah, sedangkan pos PGPI sendiri berada di sebelah kanan jalan sekitar 100 meter sebelum pintu masuk wisata gunung puntang. karena kalau kalian menuju puncak mega gunung puntang lewat pintu masuk wisata gunung puntang kemungkinan tersesat lebih besar, kalau kalian mau ke puncak mega lewat pinggiran sungai sudah positif kalian salah jalan. bisa sih dari pinggir sungai ini ke arah puncak mega tapi harus menanjak 1 bukit terjal ga pake ampun kaya rombongan gw kemaren babak belur karena salah jalan.ada baiknya banyak bertanya di awal pendakian supaya tidak tersesat lebih jauh.

naik mobil pribadi ke puntang

naik mobil pribadi ke puntang

warung tempat istirahat

warung tempat istirahat

ada warung buat makan, kalau lewat sini salah jalan ke puncak mega

ada warung buat makan, kalau lewat sini salah jalan ke puncak mega

perjalanan trek ke puncak mega ini lumayan asik, penuh tajakan edan tapi trek nya tidak terlalu jauh, dari warung kita istirahat makan turun lagi menuju pintu gerbang wisata puntang untuk ke puncak , karena dari sini kata orang ada jalurnya tepat jam 12 siang kita jalan, eh ternyata kita salah jalan beda bukit, nyasar 1 jam lebih keliling sngai dan keliling bumi perkemahan puntang. untung kita bertemu orang perhutani gunung puntang dan ternyata kita salah bukit kata nya, dan dia merekomendasikan untuk langsung membelah bukit supaya langsung bertemu dengan trek yang benar, sebab kalau turun lagi lumayan jauh dari bawah lagi sebelum pos PGPI, akhirnya kita sepakat lewat jurang tersebut membelah bukit dan hasilnya semua babak belur, kaki besot karena sangat licin dan bengkak kena gigit binatang hahaha, 2 jam lamanya membelah bukit yang sangat terjal akhirnya benar kita bertemu jalur yang benar.

kaki habis besor membelah bukit lewat jurang

kaki habis besor membelah bukit lewat jurang

tanjakan gile

tanjakan gile membelah bukit

setelah  di trek yang benar kita istirahat sejenak lalu melanjutkan perjalanan, dan dari sini ternyata trek masih sama penuh dengan tanjakan di tambah kawan 1 KO akibat lewat jalur edan dan akhir nya jam 18.30 kita sampai di pos batu kaca, sebenarnya target kita ke pos batu kereta tapi karena kawan yang 1 kecapean akhirnya kita sepakat buka tenda disini, dan kita akan lanjut besok subuh jalan menuju puncak mega.

pos batu kaca

pos batu kaca

narso sebelum nanjak terus

narso sebelum nanjak terus

pos batu kaca

pos batu kaca

pos batu kaca

pos batu kaca

jam 03.50 sudah bel berbunyi semua harus bangun berangkat ke puncak, mata masih sepet udara dingin bikin males aja, tapi apa boleh buat harus muncak demi sunrise akhirnya gw rusuhin semua supaya bangun dan akhirnya benar semua jadi ikut, jam 04.15 kita mulai perjalanan dari pos batu kaca, perjalanan di mulai asik datar terus sampai akhir nya kita ketemu 1 bukit lagi yang berdebu penuh tanah kering dan juga terjal. setelah jalan ngos2an di tambah ngebul dengan tanjakan terjal akhirnya jam 05.30 kita sampai juga sedikit di bawah puncak mega, pemandangan sudah terbuka, orang sudah ramai berkumpul dan akhirnya perjalanan sampai juga di titik paling tinggi puncak mega gunung puntang 2223Mdpl.

sunrise yang bagus

sunrise yang bagus, puncak mega

16 agustus full di puncak

setalah cukup foto2 di jam 8 kita turun ke tenda base batu kaca, dari base batu kaca ini ke bawah kita melewati jalur yang beda dengan naik, kita belok kanan menuju pos lapor PGPI tidak sampai 2 jam perjalanan dan kalau ke kiri kita balik ke jalur yang pertama kita naik kemarin tapi sepertinya agak jauh, dan kalau dari puncak mega ke pos PGPI menurut perkiraan gw tidak lebih dari 3 jam. semoga artikel ini membantu anda yang ingin ke puncak mega gunung puntang di tahun 2015 ini. salam lestari, salam dengkul melocot dan jangan lupa sampah di bawa turun yah itu HARUS!

UNTUK MELIHAT FOTO PEMANDANGAN PUNTANG PUNCAK MEGA KLIK SINI


About this entry