MENDAKI GUNUNG ANDONG

gunung andong ini biar kecil tapi pemandangan boleh di adu, perjalanan ini lanjutan dari pendakian gunung ungaran, karena gunung ini terkenal dengan view yang indah jadi mumpung ke ungaran langsung lanjut kesini deh biar ga penasaran, perjalanan dr base camp mawar sore jam 15.30 makan dulu, mandi dulu bersih bersih, perjalanan tanggal 1/1/2016-3/1/2016 , untuk detailnya bisa di lanjut membaca..

transport:

  • pasar jimbarang ungaran – pasar babadan : angkot hijau
  • pasar babadan (PONCOL ATAU TAWANG) – perempatan pasar sapi salatiga : bus besar jurusan semarang – solo AC 14 rb
  • perempatan pasar sapi – pasar ngablak : bus 3/4 arah magelang lewat kopeng 7.500, (kemarin karena kemalaman jadi ngojek kena 50rb sampai base camp), jangan kesorean angkot habis  tinggal ojek, jam 6 angkot sudah ga ada sepertinya
  • pasar ngablak –  basecamp dusun sawit : ngojek 10rb

setelah selesai ungaran  langsung gw menuju andong, berangkat sore tanya kanan kiri untuk ke daerah andong magelang dari sopir angkot, kenek, sampe polisi hasilnya ga nyasar dong hahaha. dr pasar jimbaran balik lagi turun di pasar babadan dan langsung naik bus besar jurusan solo dr semarang dan sampai pasar sapi jam 7 malem, ke indomaret dulu beli cemilan sambil nunggu mobil, ternyata mobil ente hadeh padahal msh jam 19.00, akhirnya ojek nawarin nganter, awalnya minta 75rb gpl langsung gw tolak, meskipun dia bilang masih jauh sekitar 20KM dari pasar sapi ke basecamp sawit, setelah tuker pikiran ama bokin akhirnya di tawar 50 ojek mau, langsung ga pake lama berangkat, setelan celana pendek bola ama kaus lengan pendek tipis hasilnya beku, karena melewati lereng merbabu yaitu kopeng, dingin nya luar biasa di tambah berat menahan keril, babak belur cui perjalanan, di tengah perjalanan ojek berenti msh di wilayah kopeng beli asgor dulu baru lanjut, ga bohong tu tukang ojek emang tau langsung di anter ke basecamp andong di dusun sawit magelang, sampai sana jam setengah 9 malam, ternyata tidak seperti yang gw pikirkan basecamp penuh dengan motor pendaki dan semua rumah penduduk hutan msh agak di luar perkebunan warga, rumah disini rata-rata untuk menampung pendaki, wc bersih,parkiran di rumah warga luas.

IMG_5853

basecamp andong ramai motor pendaki, rumah mas solihin

IMG_5854

view andong dr dusun sawit

hanya 1 musuh di basecamp ini, kalau pagi lalat sangat banyak disini, karena disini juga warga memelihara sapi, jadi lalat sangat banyak disini, terus terang agak terganggu, tapi masih tetap enjoy, gw stay di basecamp nya langsung rumah mas solihin, disini jual makanan, minuman dan juga ada penyewaan alat pendakian untuk yang tidak bawa peralatan gunung, disini juga ada jual cidramata kaos atau emblem dll.

trek perjalanan :

dari basecamp sawit ini adalah trek terpendek dan tercepat di bandingkan 2 jalur lainnya, jd yang mau kesini mau agak santai yah lewat dusunu sawit ini.  bisa 1 jam perjalanan kata orang situ, sedangkan gw praktekan jalan sambil foto-foto hanya memakan waktu 2 jam saja melewati 2 pos dan 1 mata air. trek perjalanan awal melewati rumah warga, warung dan perkebunan, setelah melalui plang tanda pintu masuk pendakian langsung akan melewati hutan.

IMG_5880

gerbang masuk pendakian andong via dusun sawit

setelah jalan santai sekitar sejam kita akan jumpai mata air, disini mata air terakhir yang bisa kita ambil, pemandangan dasyat pematang sawah plus gunung merbabu bikin cape ga terasa, pemandangan agak mirip naik gunung prau dengan banyak pematang sawah dan dusun terlihat berkelompok. dari mata air ini ke atas sudah setengah jalan, kalau musim panas lebih baik mendaki di tutup semua bagia tubuh, karena panasnya pasti menyengat bikin kulit terbakar dan gw rasain itu, pulang semua ganti kulit

IMG_5892

pos 1

IMG_5903

pos 2

dari mata air jalur lebih terbuka dan lebih menanjak,  dan gw bertemu bapak bawa karung isinya makanan buat di jual di atas, gile asli kuat banget nih bapak 1 karung besar di pikul di kepala, da ternyata di atas itu banyak warung menjual cemilan, minuman dan indomie, tidak ada menu nasi yah, aqua termasuk standart harganya 3 rb dan gorengan seribu.

tepat jam 3 akhirnya gw sampai di puncak, pemandangan putih semua karena kabut, sesekali kabut terbuka dikit terlihat merbabu dengan gagah di sebrang, puncak andong juga banyak serangga, dan di atas baru ada 1 tenda yang buka

IMG_5943

my tent

IMG_5939

TOP ANDONG

ya sudah terima nasib deh ga bisa liat sunset, semoga sunrise bisa lihat besok karena ini musim hujan.aminn……jam 5 pagi gw bangun karena berisik tetangga, pas buka tenda ternyata puncak sudah penuh tenda dan pemandangan sudah terbuka, meskipun sunrise agak tertutup awan tapi view terlihat luar biasa. akhirnya sesi pemotretan di mulai..hihihi, dan karena kereta masih lusa untuk pulang akhirnya gw ngecamp sehari lagi di puncak andong dengan bekal beli di warung puncak andong

turun tanggal 3/1/2016 pagi langsung menuju dusun sawit mengambil barang yang di titip, bersih2 langsung lanjut ke stasiun tawang semarang, dan akhirnya perjalanan seru ke gundung andong selesai, kita berjumpa lagi di next trip arjuna-wellirang dan penanggungan di bulan mei, semoga dapet cuti hahaha…semga cerita ini bisa membantu mas bro yang mau kesana.

awas ngambil foto ga pake ijin dan sumber dari sini yah, kualat nanti..

FOTO PEMANDANGAN GUNUNG ANDONG KLIK SINI


About this entry