MENDAKI GUNUNG BUTHAK

Tadinya mau ke arjuno, udah beli tiket sebulan sebelum nya eh ternyata 3 hari mau jalan dapet kabar Arjuno di tutup, waduh langsung keder kalang kabut akhir nya setelah di pikirkan dalam 24 jam akhirnya gw putuskan untuk ke gunung di sebelah nya yaitu gunung Buthak, abis sebagian besar gunung di jatim di tutup yaaah maklum juga sih january musim hujan dan badai. tapi ternyata nih gunung butak juga keren banget dari trek sampai pemandangan nya mantab!! oke gw mau sharing perjalnan di gunung buthak ini yang puncak tertinggi nya di ketinggian 2868 Mdpl, yang penasaran sok silakan di lanjut bacanya.. perjalanan 7-11 january 2017..

TRANSPORT:

untuk menuju gunung buthak ini ada beberapa pintu pendakian, tapi disini gw hanya ulas melewati batu malang karena lewat sini transportnya mudah dan treknya di dominasi oleh bonus trek datar meskipun treknya lumayan jauh, untuk menuju batu malang setelah turun naik kereta di stasiun kota baru malang bisa di lanjut angkot ADL jurusan arjosari – terminal landungsari (5rb), setelah itu dari landungsari bisa langsung naik mobil bus 3/4 puspa indah atau bagong jurusan jombang melewati batu. bilang keneknya turun di pesanggrahan pintu masuk pendakian gunung panderman ( ga jauh dari alun2 batu). disini adalah pertigaan pangkalan ojek dan ada indomart

img_6752

Pertigaan pesanggrahan pintu masuk wisata Panderman

dari pertigaan ini kita bisa naik ojek langsung ke pos lapor pendakian gunung Panderman atau Bhutak, biaya 10rb-15rb langsung ke pos lapor parkiran motor. jangan mau kalau ga di turunin dipos lapor, kemaren gw pengalaman udah nyasar karena angkot & di bohongin tukang ojek pula, nasib.. nasib…hahaha..

img_6766

Pos Lapor pendakian

toiletnya ada baru di bangun, warung juga ada bisa cari makanan disini, pemandangan arjuno wellirang terlihat sangat megah dan besar, pemandanagan di pos lapor juga keren.

PERJALANAN:

pendakian gunung buthak ini satu pintu dengan pendakian gunung panderman. untuk ke gunung panderman beberapa ratus meter dari pos lapor ada plang belok ke kiri untuk menuju gunung panderman dan untuk gunung bhutak ambil lurus, hati2 untuk trek awal sangat banyak cabang untuk petani. perhatikan plang petunjuk arah nya yang tertempel di pohon. lumayan banyak kasus nyasar dan gw sendiri bertemu orang yang nyasar. kalau sudah masuk jalan utama cabang akan hilang baru kita bisa aman jalan tanpa mikir nyasar nanti bisa berasa sendiri. gas pol ojo kendor gaesss!!

untuk mata air hanya ada di pos lapor bawah dan ada sedikit setelah 1 jam perjalanan pipa bocor kecil saja airnya yg keluar, tapi jangan takut di sabana pos terakhir 1 jam sebelum puncak ada mata air yang sangat berlimpah dan mantab airnya, back to perjalanan… perjalanan di gunung buthak ini kemarin kurang dari 9 jam perjalanan sampai sabana pos terakhir, posnya disini ada 4 tapi menurut gw kaga jelas dah posnya yang mana hahaha. cuma tanah datar kosong gitu aja ga ada bangunan nya, tp kalau semua cowo gw yakin bisa 6-7 jam sampai sabana dr pos lapor, nah yang paling asik itu trek disini lebih banyak bonus nya dari pada tanjakan nya, untuk perbandingan 75-25 lebih banyak datar nya, kalau nanjak juga ga berat, tanjakan berat hanya sekitar 25% saja. asik kan??? tapi jalurnya panjaaaaaaaaaaaaang mas bro karena harus melewati gunung panderman dan gunung kawi, yah gpp deh agak panjang yang penting ga kaya ceremai yah ga?? hahaha..

img_6790

mulai tanjakan berat disini, hati2 banyak monyet disini, kasihan tp monyetnya kurus.kalo ada makanan bagi lah mereka

setelah perjalanan panjang hampir 9 jam akhirnya sampai juga disabana, pemandangan yang mantab dengan air sangat berlimpah dan dingin nya disini juga sangaaaar!! dingin banget ngomong aja kaya merokok. airnya enak dan segar, edelweis banyak sangat luas dan untuk ke puncak dari sini ga sampe sejam. disini bisa puas istirahat santai, tp gw baru inget nih gunung banyak ularnya di trek banyak ular lewat dari yang kecil sampai besar ada. lebih hati2 dalam melangkah di jalur.

setelah buka tenda dan istirahat besoknya bisa lanjut menuju puncak. perjalanan ga sampai 1 jam dr sabana menuju puncak tertinggi gunung bhutak 2868 Mdpl. pemandangan di puncak super keren!!

img_6833

Puncak Bhutak akhirnya sampe jugaaa

perjalanan menuju puncak dari sabana di awali dengan jalan santai bonus dengan pemandangan sabana luas yang indah di tambah kabut tipis jadi tambah keren, sehabis itu baru mulai menanjak babak belur menaiki 1 bukit untuk menuju puncak,gunung ini di jalur banyak terbuka jadi bagus di tutupi bagian kepala dan pundak kalau ga habis terbakar sengatan matahari. gw aja gosong tapi malem nya kaya di kulkas baru beli dingin nya hamsiooong…

img_7131

Menuju puncak, siap2 nanjak terus

img_7110

belok kanan kl mau ke puncak ada plang nya

setelah jalan kurang lebih 1 jam akhirnya sampai juga di puncak, jadi total perjalanan dari pos lapor sampai puncak sekitar 10 jam santai karena ada cewenya, kalau cowo semua 8 jam bisa sampai

img_6830

TOP BHUTAK 2868MDPL

pemandangan di puncak mantab ! arjuno wellirang. semeru. sabana dan lain nya terlihat sangat indah! sayangnya gw kemaren agak siang ga nanjak sunrise. kalau sunrise pastinya lebih cakep view nya, meskipun begitu gw tetep sangat puas dengan semua pemandangan dan perjalanan ini, perjalanan super keren dan seru

lebih bagus muncak sunrise karena dr sabana ke puncak juga ga jauh,

inti dari semua ini : transport, trek, mata air, pemandangan semua oke

kesimpulan gunung ini asik buat di daki untuk semua kalangan dan jangan lupa sampah di bawa turun yah ke bawah, karena kemarin kesana sampah masih banyak di atas, kalau bisa bantu ambil bawa turun ke bawah. semoga info ini bermanfaat untuk mas bro yang mau kesana di tahun 2017 ini. salam damai NKRI indonesia indah!

 

“UNTUK MELIHAT FOTO LAIN NYA BISA KLIK SINI”

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Advertisements

About this entry