MENDAKI GUNUNG PRAU

Tanggal 8 maret 2013 lalu gw melakukan pendakian ke gunung prau ,sebenarnya gunung ini tidak terlalu tenar seperti gunung lain di pulau jawa,tapi setelah gw melihat foto pemandangan nya ternyata sangat indah dan keren! sebenarnya mau jalan bulan january,tapi karena ada kerjaan di kantor jadi di undur  sampai awal maret

IMG_1049

Disini gw coba berbagi pengalaman mendaki gunung prau bersama kawan di bekasi ,untuk lebih jauh bisa baca lebih lanjut..

perjalanan ini sudah gw rencanakan 2 bulan sebelum nya ,sudah cari tau bus mana yang akan gw ambil .sengaja gw naik bus karena perjalanan nya di hitung lebih singkat di bandingkan naik kereta ,kalau naik kereta kita bisa turun di kutoarjo lalu lanjut 2X lagi naik angkot menuju terminal mendolo,lebih cepat naik bus dari jakarta sore dan sampai wonosobo pagi,jadi rekomendasi naik bus aja deh .kita gw lanjut aja deh….

setelah 1 bulan persiapan gw ambil PO bus milano putra ,berangkat dari lebak bulus jam 17.00  dan sampai wonosobo pagi ,fasilitas seat 2×3 ,area rokok,makan 1x dan tersedia air panas untuk buat kopi,harga 80rb ,tapi tempatnya agak sempit dan kurang nyaman ,hajar terus deh yang penting sampai ,setelah perjalanan hampir 12 jam akhirnya kita turun di pertigaan untuk menuju dieng sebelum terminal mendolo,dari pertigaan itu kita naik mobil 3/4 menuju dieng dengan harga 10rb/orang ,

untuk menuju gunung prau ada beberapa track yang bisa kita lalui ,total ada 3 jalur ,via kenjuran (kendal) ,via SMP 2 kejajar (dieng) dan via petak banteng ,tapi kali ini gw ambil via petak banteng,karena menurut informasi lewat sana yang paling cepat.setelah perjalanan sekitar 50 menit dari pertigaan akhirnya saya turun di depan balai desa petak banteng dan bertemu dengan mas pi i (CP:085228283428) .

balai desa petak banteng

gw bicara dengan mas pi i ,kata dia untuk sampai ke puncak prau sekitar 2 jam dan jalur sini yang paling cepat untuk di daki ,setelah istirahat sebentar dan packing ulang barang2 akhirnya jam 13.00 kita berangkat bareng dengan rombongan lain,total 9 orang  yang berjalan,gw sendiri cuma ber 2 dengan kawan dr bekasi ,ternyata jalur pendakian sangat terbuka untungnya suasana berawan dan berkabut jadi tidak panas,kalau lagi musim panas lebih baik mendaki pakai peralatan lengkap untuk menutup tubuh,panas menyengat bisa membuat kulit anda langsung gosong,perjalanan pun cukup menguras tenaga karena tracknya lumayan curam dan sedikit sekali bonus!dengan istirahat sekitar 30 menit ,akhirnya setelah berjalan 3 jam setengah sampai juga di puncak prau,cuma suasana semua putih,kabut tebal dan angin kencang ,jam 16.30 kita sampai di puncak,

SAMSUNG

total 3 tenda di buka sore itu,pemandangan semua putih ,gw sendiri bingung dimana pemandangan yang sangat indah itu berada ,sudah sangat penasaran ,tapi karena kabut jadi terlihat putih semua,ya udah terima nasib dah.masak2 dulu untuk makan malam ,ternyata ada beberapa rombongan lagi yang datang jadi total ada 5  tenda buka di puncak,malamnya udara sangat dingin,angin sangat kencang dan hujan ,tenda sebelah banyak yang bocor dan rembes air masuk ,waaaaah gawat kalau begini caranya besok ga bisa lihat sunrise,oke tetap pasang alarm untuk besok.

jam 04.00 alaram berbunyi saatnya bangun,dari dalam tenda terdengar suara angin sudah tidak terlalu kencang,lalu gw buka pintu tenda untuk melihat,eh ternyata kabut masih sangat tebal ,wah bt banget dah masih kabut tebal ,dengan sabar gw masuk lagi tenda menunggu jam 05.00 ,setelah jam 05.00 buka pintu tenda ternyata kabut masih juga tebal ,tapi gw denger suara orang lagi pada kumpul,jadi gw putuskan keluar tenda sambil berharap nanti pemandangan terbuka

sambil ngobrol bersama dekat api unggun suasa biar berkabut tebal tapi sangat asik,dingin menyengat juga ga terasa,sekitar jam 05.30 gw melihat ke atas ada bintang muncul ,wah gw mulai tambah berharap kalau sebentar lagi kabut hilang dan terlihat pemandangan super dasyat!!ternyata benar tak lama berselang mulai muncul gunung sindoro -sumbing meskipun masih banyak awan dan kabut berkeliaran.

mulai terbuka

akhirnya gw bisa melihat full pemandangan puncak prau yang SANGAT DASYAT!!DARI SINI KITA BISA MELIHAT 7 PUNCAK BERSAMAAN DENGAN SUNRISE CANTIK ,tapi cuma di kasih waktu 1 jam saja,habis itu kambuh lagi kabutnya,kembali seperti awal semua putih

Pemandangan dasyat
dari kiri : lawu ,merbabu ,merapi ,sumbing ,sindoro

untuk melihat pemandangan gunung prau klik sini

turunnya gw lewat SMP 2 dieng kejajar ,mana nyasar lagi 3 jam karena kabut tebal dan pemandangan yang sangat luas

Perjalanan turun berkabut tebal
Perjalanan turun berkabut tebal

harusnya turun sampai dieng siang gara2 nyasar jadi sore deh,hahahaha…tapi lumayan dah yang penting sudah melihat kebesaran ciptaan tuhan dengan pemandangan kelas TOB!ternyata turun sampai per3an dieng itu sampai di penginapan ibu jono yang terkenal,langsung kami merapat ke warung terdekat untuk mandi dan siap2 kembali berangkat ngojek ke telaga cebong untuk melihat keindahan salah satu sunrise terbaik di indonesia.

semoga pengalaman ini dapat menjadi panduan berguna teman2 yang ingin kesana

VIVI BLCK HIKING TEAM

10 thoughts on “MENDAKI GUNUNG PRAU”

  1. @Nidya: Silahkan dbaca ulang di paragraf ke-3, diatas foto Mushola Al-Amin ada contact person yang bisa dhubungi, cuma nomornya agak terbalik sedikit “mas pi i (CP:058228283428) .”, mungkin seharusnya 085228283428. Oiya mungkin mas Jimzzz atau VIVI BLCK HIKING TEAM bisa kasih tahu biaya pemandu untuk mas pi i brapa? Makasih banyak untuk infonya,., 😀

  2. yoi sorry sob kebalik no nya.udah gw benerin yah.untuk pandu katanya sih sukarela kasihnya ,rekomendasi ga usah pakai pandu karena sampai puncak cuma 3 jam. tapi kalau mau pakai pandu monggo

Leave a comment